Minggu, 05 Desember 2010

Pembagian Alam Versi Harmasrul

Menurut Versi HarmaSrul:

Alam dipartisi menjadi 7 bagian yakni:

1. Alam Arwah

Dimana alam ini sebelum manusia dilahirkan sudah ada perjanjian antara calon Hamba dengan Tuhan-Nya.


2. Alam Roh

Dalam alam ini calon Hamba atau manusia akan ditiupkan roh di dalam rahim ibunya sebelum ia dilahirkan dan akan menjalani proses beberapa bulan dalam kandungan sang Ibu.

3. Alam Syahadah

Yaitu alam dunia, artinya manusia sudah dilahirkan dalam bentuk bayi yang masih suci dan bersih lahir batin.

4. Alam Sakratul Maut

Alam ini merupakan alam yang paling menyedihkan dan di sinilah diuji kesabaran seorang hamba dalam mempertaruhkan hidup dan matinya yang akan menantinya sebelum masuk ke liang lahat.

5. Alam Kuburan

Nah ini adalah alam yang sangat mengerikan, karena setiap manusia akan mengalami yang namanya kematian dan orang yang mati otomatis memasuki alam ini dimana penyiksaan silih berganti datangnya berdasarkan dengan amal dan perbuatan seseorang.

6. Alam Barsyakh

Yaitu alam perhitungan yang mana setiap insan akan dihisab segala amal perbuatannya baik perbuatan baiknya maupun perbuatan buruknya.

7. Alam akhirat

Inilah alam yang paling terakhir setelah melewati alam sebelumnya dan di sinilah kita akan mendapatkan posisi kita sebagai hamba yang sejati yang berbuat kebaikan selama hidupnya ataukah hamba yang khianat yang berbuat maksiat selama hidupnya. Dan dalam alam ini disediakan cuma dua tempat yakni Syurga (untuk Hamba yang baik) dan Neraka (dipersembahkan bagi hamba yang berbuat kemungkaran) dimana masing-masing tempat ini terbagi lagi 7 tingkatan berdasarkan dengan amal dan perbuatan manusianya.

Dalam pembagian alam ini juga di patok dalam pembagian tubuh manusia yaitu:

1. Kepala

Mewakili alam arwah, karena kepala diibaratkan adalah pemimpin bagi seluruh alam merupakan bagian pertama yang akan keluar saat anda dilahirkan.

2. Tangan Kanan

Mewakili alam roh, dengan adanya roh yang akan ditiupkan ke dalam sang janin maka tangan kanan ini disimbolkan sebagai Penerima roh yang akan hidup sebagai Bayi –> Anak-anak –> Baligh –> Dewasa –> Setengah baya –> Kakek-kakek –> dan akhirnya meninggal.

3. Tangan Kiri

Mewakili alam syahadah artinya manusia setelah dilahirkan akan hidup dengan berbagai perbuatannya apakah itu perbuatan baik ataupun perbuatan tidak baik.

4. Kaki Kanan

Mewakili Sakratul Maut yaitu mewakili bahwa kita akan memasuki liang lahat dengan kaki kanan roh kita tapi sebelumnya harus melewati yang namanya sakratul maut atau alam tenggorokan.

5. Kaki Kiri

Mewakili Alam Kubur dimana kaki kiri roh kita akan melangkah setelah kaki kanan dalam mengarungi alam kubur setelah melewati alam tenggorokan tadi

6. Dada (Qalbu=Hati)

Mewakili Alam Mahsyar karena segala perbuatan amal kita dihitung dan ditimbang-timbang dalam alam ini yang mewakili dari Qalbu atau hati sebab Hatilah yang jadi penentu dalam mempertimbangkan yang mana harus dan tidak harus diperbuat.

7. Roh/Nyawa

Mewakili Alam Akhirat sebagaimana roh akan melayang dan pergi meninggalkan semua yang ada di dunia ini dan seperti itulah juga semua alam akan kita tinggalkan nanti kecuali hanya satu yang masih tertinggal yaitu alam akhirat yang mana di dalamnya telah disediakan dua tempat dengan tujuh tingkatannya masing-masing yaitu Syurga dan Neraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar